BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 02 Mei 2010

Kebun Harry Potter

Tentunya kita sudah perneh dengar film berjudul Harry Potter. Film yang menceritakan tentang kehidupan penyihir bernama Harry di dunia sihir. Dalam film itu ada mata pelajaran Herbologi yang mempelajari tentang tanaman sihir. Namun siapa sangka tanaman yang dipelajari di sekolah sihir ini memang benar-benar ada di dunia nyata dan menfaat kuno maupun modern.

• Holly ( Ilex aquifolium)

Didalam film, Harry akan menguasai tongkat ajaib yang terbuat dari tanaman ini. Ternyata dahulu para tabib membuat sejenis teh, dan daunnya digunakan untuk memncing keringat dan memulihkan demam. Mereka juga percaya bahwa jus beri-nya dapat menyembuhkan sakit kuning.

• Yew

Tongkat sihir Voldemort, tokoh jahat di film ini dibuat dari pohon abadi ini. Sintesi dari suatu senyawa didalam kulit kayu dan daunnya digunakan untuk obat kanker dan obat Taxol yang diresepkan dokter untuk kanker panyudara, paru-paru dan indung telur.

• Sage

Tanaman yang dibakar para ‘Centaur’ dalam film ini untuk mempertajam indera, ternyata dapat digunakan untuk membunuh kuman.

• Nettles

Para penyihir menggunkan tanaman menyengat ini untuk menyembuhkan bisul. Sedangkan para dokter kita pernah meresepkan produk-produk Nettles ini untuk mengobati prostat.

• Willow

Daun dari tanaman yang digunakan untuk membuat tongkat sihir oleh ibu Harry ini ternyata pernah dibuat sebagai teh oleh orang jaman dulu untuk meredakan sakit.

• Mandrake

Tanaman untuk membalikkan kutukan batu dalam film ini merupakan alat bantu dalam proses pembuahan. Sekarang, obat tetes mata mengandung suatu tanaman turunan Mandrake.

• Wormwood

Suatu bahan dasar dalam membuat ramuan tidur dalam seri Harry Potter ini merupakan tanaman getir yang mengandung santonim. Santonim merupakan substansi yang mengusir cacing-cacing parasit pada badan.

• Aconite

Para pembuat ramuan dalam Harry Potter menggunkan tanaman ini untuk mencegah serigala menjadi gila. Nyatanya dokter-dokter kita dahulu pernah menumbuknya menjadi bubur, mengencerkannya dengan alcohol dan mengoleskannya untuk meredakan sakit.

0 komentar: